Search
  • ILMCC UPH

Tim FDI Moot UPH Meraih 5 Penghargaan di FDI Moot Competition, Seoul

Sejak 2008, terdapat empat tuan rumah dari FDI Law Comeptition ini yaitu Pepperdine University School of Law, King’s College, Universidad Buenos Aires dan Suffolk University. Kompetisi ini fokus pada hukum investasi langsung luar negeri.


Pada 21-23 Agustus 2014, Tim Fakultas Hukum UPH berpartisipasi dalam Foreign Direct Investment (FDI) Moot Competition Regional Round 2014 di Seoul. Ini merupakan tahun pertama UPH mengirimkan timnya untuk mewakili universitas di kompetisi hukum bergengsi, dimana tim UPH telah berhasil bertahan di posisi ke 3 untuk babak oral dan mendapatkan penghargaan 5th Highest Rank Team dari 18 partisipan. Penghargaan 5th Best Oralist berhasil diperoleh oleh oralis Tim FDI UPH yaitu Jonathan Abuthan dan Josha Ponggawa untuk 12th Best Oralist.


Untuk mempersiapkan kompetisi ini, selama beberapa bulan Tim FDI UPH menjalani pelatihan bersama dengan Jessica Los Banos, salah satu dosen dari FH UPH yang memiliki spesialisasi dibidang hukum internasional. Tim FDI UPH sangat tidak menyangka bisa meraih penghargaan-penghargaan tersebut dalam kompetisi ini, melihat bahwa UPH pertama kalinya berpartisipasi dalam kompetisi moot court ini.


Sejak 2008, terdapat empat tuan rumah dari FDI Law Comeptition ini yaitu Pepperdine University School of Law, King’s College, Universidad Buenos Aires dan Suffolk University. Kompetisi ini fokus pada hukum investasi langsung luar negeri, yang merupakan topik popular baru-baru ini karena adanya peningkatan investasi cross-border yang signifikan, proliferasi perjanjian investasi dan kontrak investasi internasional. Sejak tahun lalu, kompetisi ini dibagi menjadi babak regional di seluruh dunia dan tahun ini Korean National University yang menjadi tuan rumah untuk region Asia Pasifik di Korea Selatan. Babak global akan dilaksanakan di Pepperdine University School of Law, California, USA.


Tahun ini, kasus yang diberikan kepada peserta seputar obligasi internasional dan restrukturisasi utang negari berdaulat, dimana topik ini sangat relevan dengan krisis utang Argentina dan Yunani belakangan ini. “Yang membuat debat FDI ini sangat menarik khsusunya untuk kasus tahun ini yang fokus pada obligasi, adalah kita mendapat paparan mengenai isu-isu perekonomian dunia yang dapat diaplikasikan untuk karir kami sebagai calon pengacara di masa depan nanti”, ujar Astrid Desmonda, salah satu anggota tim dan juga General Director dari International Law Moot Court Community.



Pencapaian Tim FDI UPH di babak regional ini menyatakan bahwa mereka lolos kualifikasi untuk masuk ke babak global di Pepperdine University pada 24-26 Oktober 2014 nanti. Selain pencapaian-pencapaian tersebut, partisipasi tim ini dalam debat FDI memberikan kesempatan bagi setiap anggota tim untuk menggali kemampuan dan pengetahuan yang tidak bisa mereka dapatkan di kampus lebih dalam lagi.


UPH Media Relations

0 views
 
  • Facebook
  • Instagram

© 2019 by ILMCC UPH.